22 Manfaat dan khasiat daun kemangi

Daun kemangi merupakan lalapan yang selalu bersanding dengan kubis dan mentimun saat menyantap pecel lele. saya sendiri penasaran dengan kandungan gizi serta manfaat dari daun kemangi ini. sebab ketika memesan menu pecel lele jarang sekali menyentuh daun kemangi ini di sebabkan baunnya yang luar sedikit menganggu indera penciuman.

Namun setelah membaca beberapa manfaat di bawah ini, kini mulai ada keberanian untuk mencicipi daun kemangi ini. bagi anda pria atau wanita yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kegunaan daun kemangi selain sebagai lalapan silahkan simak 22 manfaat tersembunyi daun kemangi.

Manfaat luar biasa dari lalapan daun kemangi

1.  Pemulihan Kesehatan - Tanaman kemangi memiliki manfaat kesehatan, bagian tanaman yang sering digunakan adalah daunnya. Daun kemangi memiliki manfaat untuk mempertajam memori selain itu daun kemangi juga sangat baik untuk kesehatan perut anda.

2.  Demam & Meriang - Daun kemangi bermanfaat untuk meredakan demam. Daun kemangi juga dapat membantu mencegah demam berdarah dan malaria. Pada kasus demam yang tinggi, anda bisa menggunakan daun kemangi dengan bubuk kapulaga direbus bersama setengah liter air, anda bisa mencampurkan dengan gula atau susu.

3.  Batuk - Daun kemangi juga berperan dalam obat batuk Ayurvedic dan ekspektoran. Manfaat daun kemangi untuk membantu memobilisasi lendir di bronkitis dan asma. Selain itu daun kemangi dapat dikunyah untuk mengurangi flu .

4.  Sakit Tenggorokan - Untuk mengobati sakit tenggorokan anda dapat merebus daun kemangi atau menjadikannya obat kumur yang digunakan dua kali sehari.

5.  Gangguan Pernapasan - Anda dapat merebus daun kemangi dengan campuran madu dan jahe yang bermanfaat untuk influenza, asma dan bronkitis. Bila anda tidak menyukai rasa jahe anda dapat membuat resep dengan menggunakan daun kemangi dicampur dengan cengkeh dan sedikit garam yang sangat berkhasiat terutama untuk influenza.

6.  Batu Ginjal - Manfaat lain yang dihasilkan dari daun kemangi adalah membantu anda dalam meringankan gangguan ginjal. Anda dapat membuat jus daun kemangi dengan campuran madu, anda dapat meminum secara teratur selama 6 bulan untuk mengurangi gangguan batu ginjal secara alami.

7.  Penyakit Jantung - Daun Kemangi mempunyai manfaat yang menguntungkan untuk kesehatan jantung. Dalam beberapa kasus daun kemangi dapat meringankan  penyakit jantung dan  mengurangi tingkat kolesterol darah.

8.  Stres - Daun Kemangi memiliki 'adaptogen' atau agen anti-stres. Penelitian menunjukkan bahwa daun kemangi  mampu memberikan perlindungan yang signifikan terhadap stres. Bahkan anda yang ingin mencegah stres dalam beberapa pekerjaan yang sedang dihadapi dapat mengkonsumsi 12 daun kemangi, dengan cara mengkonsumsi dua kali sehari untuk mencegah stres.

9.  Infeksi Mulut - Daun kemangi akan membantu dalam meminimalisir infeksi di mulut. Anda dapat mengunyah beberapa lembar daun kemangi untuk menyembuhan kondisi ini.

10.  Gangguan kulit - Beberapa gangguan kulit seperti kurap sering kali menggangu anda, selain menggangu kepercayaan diri juga dapat membuat anda tidak nyaman. Daun kemangi yang di jus dapat membantu meringankan kurap dan penyakit kulit lainnya. Hal ini  juga telah berhasil dicoba oleh beberapa naturopaths dalam pengobatan leucoderma.

11.  Meringankan Sakit Kepala   - Daun kemangi dapat meringank sakit kepala. Rebusan daun kemangi dapat meringankan gangguan ini, anda dapat menumbuk dengan daun cendana dan dapa dikompreskan di bagian dahi atau area kepala yang sakit.

12.  Gangguan Mata - Daun kemangi dapat dijadikan obat yang efektif untuk sakit mata meskipun umumnya gangguan mata disebabkan oleh kekurangan vitamin A.

13. Meredakan Perut Kembung - Caranya, rebus daun kemangi dengan bawang merah yang kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut segera dioleskan pada perut yang dirasa kembung.

14. Meningkatkan Kekebalan Tubuh - khasiat daun kemangi dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ini karena daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

15. Mencegah Kemandulan - khasiat daun kemangi dapat membantu untuk mencegah kem4ndulan. Ini karena daun kemangi mengandung zat arginin yang dapat memprkuat daya hidup sperm4 sehingga dapat mencegah kem4ndulan. Selain itu, daun kemangi juga mengandung zat eugenol dan apigenin fenkhona yang dapat membantu meningkatkan kualitas 3reks! dan mencegah ej4kul4si dini.

16. Mengobati Panu - Caranya cukup mudah. Ambil segenggam daun kemangi dan cuci bersih, setelah itu haluskan. Beri sedikit air campuran kapur sirih dan selanjutnya balurkan pada bagian kulit yang terserang panu. Sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari.

17. Mengobati Sariawan - Caranya cukup ambil daun kemangi kira-kira 50 helai dan cuci hingga bersih. Selanjutnya kunyah daun tersebut kurang lebih dua hingga tiga menit. Setelah halus, telah daun kemangi tersebut dan langsung minum air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan maksimal 3 kali dalam sehari.

18. Melawan Radikal Bebas - khasiat daun kemangi sangat baik untuk melawan radikal bebas, ini karena daun kemangi memiliki antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Antioksidan yang berupa flavonoid dan juga eugenol mempu mencegah pertumbuhan bakteri,virus dan jamur.

19. Membantu Pertumbuhan Tulang - khasiat daun kemangai dapat membantu pertumbuhan tulang kita. Ini karena daun kemangi memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berperan penting dalam mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Kemudian kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi memberikan khasiat daun kemangi yang berperan aktif dalam merangsang funsi kerja dari hormon estrogen dan juga hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang.

20. Melancarkan Aliran Darah - khasiat daun kemangi dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh kita. Ini dilihat dari daun kemangi yang memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu merilekskan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancar.

21. Menghilangkan Mual dan Flu - Caranya cukup mudah, pertama keringkan daun kemangi dan kemudian seduh layaknya teh. Minum air teh kemangi tersebut dua kali dalah sehari dan badan Anda akan sembuh dari mual serta menghalau flu datang.

22. Menghilangkan Bau Mulut - Caranya, ambil daun kemangi, biji juga akarnya. Bersihkan dan kemudian seduh dengan air yang panas. Air seduhan tersebut bisa Anda tambahkan dengan gula merah atau madu. Minum air tersebut di setiap pagi sebelum beraktifitas.

manfaat dan khasiat daun kemangi itu banyak juga ya ternyata. bagi teman teman yang suka dengan pecel lele tentunya harus melahap lalapan yang satu ini ya biar tidak sia sia kandungan gizi dan khasiatnya. oh ya dalam pecel lele juga ada kubis. mari kenali manfaat dan kandungan gizi kubis untuk menambah motivasi makan pecel lele.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser